Nama Obat Wasir atau Ambeien Yang Ada di Apotik

Wasir memang bukan penyakit yang mematikan tapi dampaknya bisa membuat penderitanya sangat menderita. Nyeri yang dimunculkan bisa membuat pengidapnya tidak nyaman untuk melakukan aktifitasnya.Pantangan Makan untuk Penderita Wasir

Wasir disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di lubang anus, baik diluar ataupun didalam. Seseorang dengan wasir akan mengalami perdarahan saat BAB, sulit BAB, dan merasakan nyeri saat duduk.

Obat Wasir atau Ambeien di apotik

Untuk meminimalisir kondisi wasir, ada baiknya Anda menghindari beberapa makanan pemicu wasir yang parah, berikut pantangan makan untuk penderita wasir, antara lain :

Makanan dengan kandungan serat berlebihan
Makanan pertama yang harus Anda hindari yaitu makanan dengan serat tinggi. Memang diketahui, serat sangat baik dalam membantu proses pencernaan. Akan tetapi, terlalu banyak konsumsi serat tidak baik karena bisa membuat penumpukan dalam usus dan bisa membuat ukuran tinja menjadi besar.

Dengan ukuran yang besar tersebut maka anus akan bekerja keras untuk mengeluarkannya, akibatnya bisa membuat pecahnya pembuluh darah pada anus.

Obat pencahar
Obat pencahar menjadi salah satu cara yang digunakan untuk membantu meringankan sembelit. Tetapi obat ini tidak cocok bagi penderita wasir karena obat pencahar mengandung asam tinggi, sehingga bisa membuat feses menjadi asam, dan hal ini bisa membuat anus menjadi nyeri.

Susu
Susu menjadi salah satu minuman sehat yang baik bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang. Tetapi beda halnya untuk pengidap wasir. Susu sangat tidak disarankan sebab susu bisa memproduksi gas dalam tubuh. Gas yang dihasilkan mampu memberi rasa nyeri dan kram di bagian perut. Susu juga mengandung asam lemak yang bisa membuat tinja mengeras.

Obat Wasir atau Ambeien di apotik

Makanan olahan
Makanan olahan bisa sebabkan sembelit dan tentu harus Anda hindari sebagai penderita wasir. Makanan olah tersebut bisa berupa makanan yang didinginkan, makanan kaleng, junk food (cepat saji), makanan kemasan dan lainnya.

Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang berpotensi memicu meningkatkan risiko wasir.

Garam
Makanan dengan pemakaian garam berlebih bisa menyebabkan dehidrasi dan sembelit. Selain itu, dampak buruk garam untuk penderita wasir yaitu mampu menghambat sistem pencernaan dan membuat benjolan wasir semakin membesar.

Makanan dengan rasa asam
Makanan dengan rasa asam bisa membuat wasir yang Anda derita menjadi makin parah. Rasa asam pada makanan bisa memunculkan rasa perih ketika BAB.

Biji-bijian
Mengonsumsi biji-bijian akan berdampak pada tubuh yang kekurangan serat dan nutrisi. Kurangnya serat dan nutrisi tersebut bisa menghambat sistem pencernaan Anda.

Makanan pedas
Makanan pedas selalu ada kaitannya dengan masalah pencernaan, salah satunya wasir. Makanan pedas bisa membuat penderita wasir mengalami nyeri saat BAB hingga membuat perdarahan pada anus.

Makanan berminyak

Makanan yang harus Anda hindari ini adalah makanan berminyak. Makanan berminyak bisa sebabkan wasir makin parah, membuat sistem pencernaan melambat dan susah untuk mencerna makanan. Hal inilah yang bisa membuat Anda kesulitan saat BAB.

Nah, itulah pantangan makanan untuk penderita wasir. Bagaimana? Apakah ada salah satu atau beberapa makanan di atas yang termasuk makanan favorit Anda? Jika ada tahan sebentar, jangan konsumsi sebelum kondisi kesehatan Anda benar-benar membaik.

Pernahkah Anda merasa gatal-gatal pada daerah dubur, terasa anus bengkak dan terlihat ada bintik-bintik darah pada tinja? Jika gejala-gejala tersebut disertai rasa tidak nyaman pada bokong, terutama saat Anda duduk pada permukaan keras, kemungkinan besar Anda menderita wasir.

Obat Wasir atau Ambeien di apotikWasir bila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan penyakit lain seperti peradangan usus, hingga kanker usus besar. Jadi, walaupun tersedia banyak obat wasir di pasaran, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Mari ketahui penyakit wasir untuk lebih memahaminya, agar tahu cara pencegahan paling tepat.

Gejala umum Wasir

  • Keluar darah saat BAB, namun tidak disertai rasa sakit.
  • Terdapat bercak-bercak merah pada tinja.
  • Daerah dubur sering terasa gatal atau iritasi.
  • Bagian dubur sangat sensitif saat dibersihkan dengan tisu atau air.
  • Daerah dubur bengkak.
  • Bokong sangat tidak nyaman saat duduk pada permukaan keras.
  • Terdapat benjolan sekitar anus yang sangat sensitif.

Wasir yang Anda derita bisa jadi tidak terlalu terasa, atau hanya terasa nyeri dalam waktu-waktu tertentu. Jika yang Anda miliki wasir internal, Anda akan tidak terlalu merasa nyeri. Namun mungkin Anda akan sangat terkejut saat menemukan darah di tinja. Wasir eksternal lah yang paling sering menyebabkan nyeri pada penderita wasir. Karena wasir eksternal terjadi di bawah permukaan kulit, penderita akan merasa gatal pada daerah dubur. Apabila digaruk terlalu keras, darah dapat menggumpal dan membentuk thrombus yang sangat sakit.

Advertisements